Garuda Indonesia
 

AIMAS – Permasalahan tenaga medis disuatu wilayah selalu terjadi, khususnya di daerah pedalaman yang jauh dari pengawasan pemerintah. Seperti yang terjadi di Saingkeduk, dimana seorang ibu hamil harus kehilangan nyawa, akibat tidak adanya pelayanan medis diwilayah tersebut.

  Menurut tokoh masyarakat yang juga keluarga dari ibu hamil tersebut, Niko Sawen yang mendatangi Radar Sorong beberapa waktu lalu, menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan di Saingkeduk sangat memprihatinkan. Meskipun Puskesmas telah disediakan dengan alat yang memadai, namun petugas kesehatan hanya berkunjung diwaktu ada program.“Mereka hanya datang pas ada program saja, rumput-rumput depan puskesmas sampai sudah tinggi-tingi semua,” terangnya.

  Ia menyampaikan, tidak ada alasan untuk petugas kesehatan tidak berada di tempat, selain tempat tinggal yang sudah disediakan dengan cukup layak, infrastruktur yang dibangun juga sucah cukup baik.“Transportasi sudah bagus, tempat tinggal juga disediakan, jadi tidak ada alasan mereka tidak menetap,” ucap Niko Sawen.

  Disampaikan Niko, tidak adanya pelayanan kesehatan tersebut, mengharuskan salah satu warga di Saingkeduk yang juga merupakan keluarganya harus merenggut nyawa saat melahirkan. Menurutnya, selama ini saat menjalani pemeriksaan kehamilan, saudaranya selalu turun ke kota.

  Menanggapi hal tersebut, Bupati Sorong, Dr Johny Kamuru S.H M.Si menyampaikan, akan memberikan sanksi tegas bagi tenaga medis yang diketahui tidak berada di tempat tugas. Untuk saat ini, menurutnya ia sedang memproses hal tersebut dengan memanggil dinas terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan. “Tetap, kita akan berikan sanksi tegas bagi tenaga medis yang tidak menjalankan tugas dengan baik ke masyarakat,”ujar Bupati.

  Disampaikan Bupati, pelayanan kemasyarakan harus lebih ditingkatkan dan diperbaiki. Hal tersebut, dikarenakan pada tahun depan akan diberlakukan peningkatan kesejahteraan pegawai. Dengan ditingkatkannya kesejahteraan pegawai tersebut, ia berharap agar pelayanan kemasyarakat juga harus ditingkatkan.“Pegawai harus betul-betul bekerja dengan tanggung jawab dan tidak asal-asalan,”ucapnya. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar