Garuda Indonesia
 

SORONG - Merayakan hari ulang tahun ke-9 Kabupaten Tambrauw 29 Oktober kemarin, Bupati Kabupaten Tambrauw Gabriel Asem, SE, M. Si  melaunching buku hasil karyanya bersama Alm. Gabriel Titit (Ketua DPRD Kabupaten Tambrauw), Jonni Marwa, Yafed Syufi dan Sefus M Paten dengan judul ‘Peletak Dasar Pembangunan Tambrauw-Papua Barat’.

  Pria yang akrab disapa Gebi itu menuturkan peluncuran buku itu merupakan hasil pemikirannya bersama Gabriel Titit (Ketua DPRD Kabupaten Tambrauw), Jonni Marwa, Yafed Syufi dan Sefus M Paten ‘Pemimpin Visioner, Tegas, Cerdas, dan Penggerak Lingkungan'.

  Gabriel juga menjelaskan buku tersebut merupakan sebuah harapan kerinduan dirinya sejak memimpin di Kabupaten Tambrauw untuk menarasikan sekelumit perjuanagan tantangan dan permasalahan, sehingga strategi kebijakan bahkan terobosan maupun prestasi yang telah dirinya lakukan tercapai sebagai wujud tanggung jawab atas tugas yang telah dipercayakan oleh sang pencipta bangsa dan Negara serta masyarakat adat di kabupaten Tambrauw.

  Dia menambahkan terkait penulisan buku tersebut yang menceritakan diskusi tentang Papua dan permasalahannya bagaikan menguraikan benang kusut, karena berbicara tentang Papua sama saja kita sedang mengamati spider white atau laba-laba yang kita lihat dengan teliti.

  “Kenapa saya bilang begitu, karena laba-laba memulai pembangunan jaringan dan mengakhiri jaringan tersebut, tanah Papua adalah warisan leluhur bagi anak adat dan orang yang mendiaminya bagaikan surge kecil yang jatuh ke bumi. Namun dinamika kepemimpinan sulit membentangi masalah sosial karena dampak pembangunan yang sangat dinamis,”jelasnya.

  Papua yang membutuhkan revolusi sosial, pemimpin wajib memperbaiki struktur kehidupan masyarakat Papua berdasarkan nilai-nilai lokal atau kearifan lokal. “Kenapa kita tertinggal dari daerah lainnya yang ada di indonesia, karena pemimpin kurang memperhatikan rakyatnya, untuk itu buku ini adalah kerinduan untuk para pemimpin melihat rakyatnya bahagia,”jelasnya. (raf)


Kategori : Lintas Papua

Komentar