Garuda Indonesia
 

AIMAS – Pengerjaan jalan di Jalan Nangka Unit 1 dan Jalan Wortel unit II Kelurahan Malawele, Aimas, Kabupaten Sorong (Kabsor), yang telah berlangsung kurang lebih 1 minggu, dilakukan tanpa adanya Papan Proyek. Hal tersebut, turut menjadi perdebatan di masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas PU Kabupaten Sorong, Sukadi ST, hanya menyampaikan, hal yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat adalah perubahan jalan yang nantinya ditimbulkan dari proyek pengerjaan tersebut. Dari kondisi jalan yang tidak dapat dilalui menjadi jalan yang dapat dilalui.

Diakui oleh Kadis PU, saat pengerjaan jalan tersebut memang tidak dipasang plang proyek terkait dengan pengerjaan jalan di dua titik tersebut. Namun, jika hal tersebut dianggap perlu untuk dipasang, maka pihaknya akan segera memasang plang proyek tersebut. “Nanti dipasang papan proyeknya. Yang jadi masalah itu, kalau tidak dikerjakan,” ucapnya saat dikonfirmasi Radar Sorong melalui telephon, kemarin (12/10).

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sorong, Adam Klow S.H, S.PAK, menyampaikan, DPRD Kabsor sebelumnya sudah sering menyampaikan, agar pemasangan papan proyek harus selalau dipasang saat melakukan pekerjaan apapun, baik dengan menggunakan dana APBD maupun APBN. “Setiap pekerjaan yang bersumber dari APBD dan APBN harus ada papan proyek,” ucapnya saat dikonfirmasi koran ini, via telepon.

Dengan adanya papan proyek tersebut, dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan, berapa anggaran yang digunakan, berapa lama waktu pengerjaannya dan siapa yang melakukan proyek tersebut. Jika kontraktor melakukan pekerjaan tanpa adanya papan proyek, menurut Ketua DPRD tersebut akan segera dipanggil. “Kalau ada kontraktor kerja model begitu, akan kami panggil, tidak ada main sembunyi-sembunyi disitu,” tegas Adam Klow.

Meskipun hanya perbaikan jalan, menurut Adam Klow, harus ada papan proyek yang terpasang, mengingat anggaran yang digunakan berasal dari APBD dan APBN. Hal tersebut agar memudahkan masyarakat untuk memantau kondisi proyek yang dikerjakan, sesuai atau tidak dengan anggaran yang digunakan. (nam)


Kategori : Sorong Raya

Komentar