Garuda Indonesia
 

WAISAI – Dalam peningkatan sektor ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Raja Ampat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Raja Ampat menggelar sosialisasi pembinaan industri usaha kecil menengah (UKM) Kabupaten Raja Ampat, Rabu (11/10) di Gedung Syalome Syeben Waisai, Raja Ampat.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh masyarakat yang berada di tingkat kampung dan distrik dan terfokus pada pelaku UKM. “Berdasarkan data yang kami memiliki, di Raja Ampat memiliki 73 UKM baik perorangan dan kelompok. Namun saat ini yang kami undang adalah perwakilan dari berbagai jenis usaha industri di Raja Ampat,”terang Kepala Dinas Perindag Kabupaten Raja Ampat, H.Djalali,S.Sos.

Adapun jenis industri UKM yang mengikuti pembinaan itu terdiri dari usaha kuliner, UKM bahan pokok (bapok), UKM Kue Pia, UKM Batu Tela, UKM Accesories Khas Raja Ampat, UKM Pengrajin Batik Khas Raja Ampat. Namun, saat ini Disperindag sedang berupaya meluncurkan label usaha bagi UKM agar dapat bersaing hingga keluar daerah dan ciri khas Raja Ampat dapat di nikmat oleh konsumen.

“Kami sudah berupaya untuk memberikan label usaha kepada pelaku Ukm, namun khususnya untuk UKM jenis kuliner, kami harus berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan dan BPOM. Sebab label itu sepengetahuan dan seijin dua pihak itu,”jelas Kadis.

Dukungan Pemerintah terhadap UKM juga dilontarkan Plt.Sekda Kabupaten Raja Ampat, Dr.Yusuf Salim,M.Si saat memberikan sambutan dalam pembukaan sosialisasi. Ia mengatakan, esensi dari gerakan membangun industri pariwisata, UKM dan lainnya adalah sebagai wujud mengembangkan Raja Ampat untuk lebih maju dan sejahtera.

Menurutnya, saat ini masyarakat tidak lagi dipandang sebagai objek pembangunan. Sebab, Pemerintah akan berkolaborasi untuk memberikan dukungan dan bantuan, pelaku UKM harus terus mewujudkan kreatifitas dan dapat bersaing bahkan dinikmati konsumen hingga di sejumlah daerah.

“Kami Pemerintah siap mendukung dan membantu UKM agar lebih maju dan berkembang. Sebab sudah saatnya Raja bersaing dan konsumen yang berada di luar Raja Ampat dapat menikmati kuliner khas Raja Ampat dan dapat memperoleh accesories khas Raja Ampat,”pungkasnya.(des)


Kategori : Sorong Raya

Komentar