Garuda Indonesia
 

KAIMANA- Aparatur Sipil Negara (ASN) harus loyal, handal dan profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan. Selain itu penempatan ASN juga harus sesuai dengan spesifikasi ketrampilan dan pendidikan.

“Aparatur yang bekerja pada sejumlah SKPD terkait langsung dengan sektor unggulan Kabupaten Kaimana sebagai program prioritas pengembangan ekonomi masyarakat sesuai kebijakan Bupati maka harus loyal, handal dan profesional serta paham terhadap berbagai persoalan pembangunan di wilayah ini,” terang Moh Mansur Siru, anggota DPRD Kabupaten Kaimana kepada Radar Sorong, kemarin (1/12).

Dia menjelaskan,  realisasi program pembangunan tahun 2016 menjadi salah satu prioritas program yaitu peningkatan produktifitas ekonomi masyarakat melalui beberapa sektor unggulan dengan konsep pemberdayaan yang ditonjolkan.

Namun karena kesiapan kesiapan aparatur dibawahnya sangatlah minim, maka berdampak pada ketidakmampuan mengimplementasikan program pembangunan dengan konsep dan kebijakan pemerintah. Terlebih selama ini upaya pembangunan untuk merubah pola pembangunan yang dilakukan dengan menggunakan projeck oriented belum dilakukan secara optimal sehingga  berdampak pada ketergantungan masyarakat.

“Kalau kebijakan bupati ini mampu diimpelementasikan oleh aparatur di bawahnya lewat setiap SKPD saya yakin hasilnya akan berpihak kepada masyarakat luas terutama di kampung-kampung,”ujarnya.

Dikatakan, agar di tahun anggaran 2016 kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dapat sesuai yang diharapkan hingga di tingkat masyarakat paling bawah. Mengoptimalkan para pendamping lapangan yang saat ini sudah bekerja namun hanya dilirik sebelah mata oleh pejabat pada SKPD tersebut, semestinya PPL merupakan ujung tombak terimplementasinya program pembangunan harus ditunjang dengan fasilitas dan operasional yang sesuai.

“Makanya ada beberapa Dinas yang terkait langsung dengan sektor unggulan namun tak memberikan hasil ataupun produktifitas yang berarti. Padahal kalau mau dilihat sudah berapa tahun program dilakukan dengan dana milyaran namun tak memberikan hasil yang optimal bagi masyarakat,”bebernya.

Oleh karena itu diharapkan Sirua, antara pendampimg Lapangan dan bagian program pada SKPD harus terdapat koordinasi, bukan PPL dilihat hanya sebelah mata karena mereka adalah petugas yang berhubungan langsung dengan masyarakat.(nic)


Kategori : Kaimana

Komentar