Garuda Indonesia
 

KAIMANA- Hingga saat ini belum seluruhnya warga masyarakat di Kota Kaimana dan sekitarnya terlayani air dari PDAM. Hal tersebut menyebabkan sebagian besar KK (kepala keluarga) menggunakan air sumur sebagai sumber air bersih.    

Seperti disampaikan Nikolaus, salah satu warga masyarakat Bumsur, mengeluh dengan kondisi air sumur di rumahnya yang belum memenuhi standar layaknya air bersih.

“Dulu memang sudah ada pipa air yang dipasang di sini (Bumsur,red), namun kata PDAM (perusahaan daerah air minum) saat kami minta untuk dipasang, harus beli pipa sendiri,” terang Nikolaus kepada Radar Sorong.

Menurut dia, proyek yang diadakan sejak beberapa tahun lalu, hingga saat ini airnya pun tak mengalir.“ Katanya itu proyek dari propinsi, namun hingga saat ini kita masih tetap menggunakan air sumur untuk keperluan mandi dan cuci,” beber Nikolaus.

Sementara itu, pihak PDAM Kaimana melalui salah seorang stafnya mengaku, sejak berdirinya Kabupaten proyek perpipaan tidak dikoordinasikan dengan pihak PDAM sehingga timbul tumpang tindih dan permasalahan.

“Banyak proyek tanpa koordinasi dengan kami, sehingga masalahnya seperti begini. Namun selain itu juga karena saat ini debit air Kali Sukun, sebagai satu-satunya sumber mata air bagi PDAM, sudah mulai berkurang,” ujarnya.

    Dari data yang berhasil Dihimpun Radar Sorong melalui beberapa staf PDAM, menyebutkan, hingga saat ini baru sekitar 900-an KK yang terlayani oleh PDAM. Bahkan menurut mereka permintaan warga memang selama ini relative tinggi, namun karena kesulitan pengadaan pipa maka pihaknya belum bias melayani ratusan KK yang ada di wilayah Kota Kaimana dan sekitarnya.

    Disinggung soal apakah pihak PU sudah mengalokasikan dana untuk pengadaan pipa tersebut, kata beberap staf kepada wartawan belum lama ini sudah ada pertemuan dengan pihak Dinas PU.    

Selain itu debit mata air Kali Sukun yang menjadi sumber air mulai berkurang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pembukaan hutan dan pemukiman di sekitar daerah mata air tersebut.(nic)


Kategori : Kaimana

Komentar