Garuda Indonesia
 

 KAIMANA- Suku Mbaham Mata yang telah ada dan berdiam di Kabupaten Kaimana, siap bergandengan tangan dengan pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana. Suku Mbaham Mata siap duduk bersama pemerintah daerah untuk menyatukan persepsi guna membicarakan soal tapal batas wilayah Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Fakfak, yang hingga saat ini belum diselesaikan.          

 Demikian hal tesebut dikemukakan, Kelly Adopak kepada wartawan saat di wawancarai di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaimana, Jumat (6/10). Kelly dikonfirmasi terkait dengan program kerja struktur sub suku Mbaham Mata kedepan, setelah pelatikan Ketua Sub suku Mbham Mata Kaimana belum lama ini.

“Dulu itu, karena belum ada dewan adat, sehingga pembentukan Ketua Kerukunan Mbham Mata di Kaimana itu berdasarkan petunjuk LMA. Yang kemarin itu adalah prosesi secara adat yang dilakukan oleh Ketua DAK, sehingga secara struktur LMA ada di bawah Dewan Adat. Oleh karena itu, pelantikan Ketua yang secara adat kemarin, telah dilakukan itu adalah sub Kepala Suku Mbaham Mata di Kaimana yang berada di bawah struktur organisasi Dewan Adat Kaimana(DAK). Demikian, keberadaan sub Suku Mbaha Mata ke depan siap membantu Pemerintah Kabupaten Kaimana terutama untuk menyelesaikan batas wilayah administratif,” terangnya.

Dikatakan selama ini Pemerintah Kabupaten Kaimana telah mengklaim Kampung Nusaulan masuk dan menjadi wilayah mereka , namun lanjut Adopak, pemerintah tidak menyadari bahwa masyarakat di Kampung tersebut sebenarnya bagian suku Mbaham Mata.

”Persoalan tapal batas, antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana dengan Kabupaten Fakfak belum selesai. Persoaloannya, karena ada suku dari Mbaham Mata yang mendiami di wilayah Adminitratif Kaimana. Contohnya saja, lambang Kabupaten Kaimana, hanya 7 bintang, padahal di Nusaulan itu adalah suku Mbaham Mata. Ini yang tadi saya bilang bahwa keberadaan sub Suku Mbaham Mata yang telah terbentuk ini siap menjembatani antara Kaimana dan Fakfak, sehingga persoalan ini bisa secapatnya selesai,” katanya.

Dirinya berharap keberadaan Mbaham Mata di Kaimana, dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kemajauan dan keberlangsungan pembangunan sebagaimana harapan semua pihak.(nic)


Kategori : Kaimana

Komentar