Garuda Indonesia
 

MANOKWARI-Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan mengharapkan perhatian pemerintah pusat untuk pengembangan sektor pertanian di daerah ini. Pertemuan dengan Menteri Pertanian sebagai langkah awal.

Gubernur mengatakan, Menteri Pertanian (Mentan) mengajak Pemprov Papua Barat untuk mengembangkan pertanian komoditi ekspor,seperti kopi,jagung,pala,kelapa,suku dan lainnya. “Pak Menteri sudah sampaikan komoditi itu sudah memiliki pasaran di internasional. Ada pihak-pihak yang siap menampung untuk tujuan ekspor,” tandasnya kepada wartawan.

Kini peluang tersebut tinggal kesiapan dari pemerintah daerah dan masyarakat untuk mengembangkan komiditi pertanian. Namun,yang perlu dimiliki pemerintah daerah terkait luasan lahan pertanian untuk pengembangan komiditi unggulan.

“Tidak semua daerah memiliki lahan untuk komoditi tertentu. Kita sesuaikan dengan kondisi daerah,mana yang cocok dikembangkan komiditi tertentu,”ujarnya lagi.

Gubernur mencontohkan, pengembangan perkebunan pala dapat dilakukan di Fakfak dan Kaimana, demikian juga komoditi lainnya. “Kesiapan pemerintah daerah berapa hektar yang perlu disiapkan untuk komoditi jagung, pala, kepala, kopi dan lainnya,”imbuhnya.

Menteri Pertanian lanjut gubernur telah merespon  usulan pengembangan tanaman sayur-mayur di wilayah Pegunungan Arfak. Pemprov Papua Barat dan Pemkab Pegaf telah menyampaikan usulan disertai data. “Kita harapkan pemerintah pusat dapat mendukung terutama untuk peralatan pertanian, juga bibit. Pegaf itu sangat cocok untuk pengembangan sayur-mayur,”tutur Gubernur.(lm)


Kategori : Ekonomi

Komentar