Garuda Indonesia
 

MANOKWARI-Upacara pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut dalam rang­ka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72  yang dipimpin Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf A Rodja sukses dilaksanakan, Selasa (15/8) sekitar pukul 14.30 WIT. Lokasi pengibaran di keda­laman 15-18 meter di perairan Pulau Mansinam, Manokwari.

Aksi langka ini dilakukan secara rapi, sebanyak 40 penyelam membentuk barisan di dasar laut dan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup)  Kapolda.  Para penyelam sebagai peserta upacara terdiri dari pejabat utama dan perwira Polda Papua Barat sebanyak 18 orang, diantaranya Irwasda Kombes Pol Drs Achmad Marhaendra, Dir Reskrimum Kombes Bonar Sitinjak, Dir Lantas Kombes Pol Prianto, Dir Intel, Kasat Brimob Kombes Pol Desman Tarigan, Kapolres Sorong Kota dan lainnya. Kapolda dan pejabat utama mengenakan seragam loreng Brimob, sedangkan Dir Lantas dengan seragam Lantas.

Peserta upacara di dasar laut lainnya dari Komunitas Molo Manokwari 11  orang, SAR 2 personel. Tak ketinggalan pula 6 ibu Bhayangkari yang mengenakan seragam warna pink ikut terlibat dalam momen bersejarah ini.  Sebelum turun ke dasar laut, Kapolda dan peserta  upacara melakukan gladi di tepi pantai. Arus laut yang cukup kencang sempat merepotkan para penyelam, namun dapat diatasi.

Kapolda sebagai Irup memberi aba-aba dengan sinyal penghormatan kepada sang Merah Putih yang telah dikibarkan pada tiang bendera. Upacara di dasar laut ini berlangsung sekitar 15 menit. Kapolda mengatakan, upacara pengibaran bendara Merah Putih di dasar laut merupakan pengalaman baru. Ketika memimpin upacara, mantan Wakapolda Papua ini mengaku merinding. “Saya, di dalam laut bulu badan saya berdiri melihat Merah Putih di bawah laut. Sama dengan rekan-rekan yang lain,” ujarnya kepada wartawan.

Kapolda mengajak  para pemuda dan siapapun untuk menghargai jasa para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan. “Papua Barat ini sebagian besar terdiri dari lautan. Kita harus menjaga kekayaan alam yang ada,” tuturnya.

Ketua Komunitas Molo Manokwari, Faisal Rauf merasa senang atas suksesnya upacara pengibaran Merah Putih di dasar laut. Selain dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72, kegiatan ini juga untuk mengenalkan dunia baharia kepada publik. “Pelaksanaannya sukses, memang ada masalah kecil tapi dapat diatasi. Dengan persiapan yang terbatas pelaksanaan berhasil,” kata dia. (lm)

 


Kategori : Berita Utama

Komentar