Garuda Indonesia
 

MANOKWARI-Belasan Mahasiswa Universitas Papua (Unipa), Jumat (11/8) menggelar aksi turun jalan menolak kedatangan Kapolri Jenderal M Tito Karnavian, di Manokwari, Papua Barat.  Sayangnya aksi tersebut dibubarkan oleh aparat keamanan dari Polres Manokwari. Bahkan belasan mahasiswa tersebut dipaksa naik ke mobil truk milik Polisi untuk dibawa ke Mapolres.

Pantauan Koran ini, belasan mahasiswa tersebut mulai berkumpul di Jalan Gunung Salju, depan Kampus Unipa sekitar pukul 12.00 WIT. Setelah berorasi, sekitar pukul 13.00 WIT, massa bergerak menuju perempatan Makalo dengan menggunakan pick-up.

Setibanya di perempatan Makalo, polisi yang sudah menunggu, langsung bernegosiasi dengan koordinator aksi, Delfisius Pahala. Polisi berdalih aksi mahasiswa menolak kedatangan Kapolri tidak mendapat ijin dari Polres Manokwari.

Beberapa polisi sempat bersifat kasar kepada mahasiswa. Salahsatunya, seorang mahasiswa didorong dan handphone miliknya dipukul meng­gu­nakan rotan. Aksi di lokasi tersebut tidak berlangsung lama karena polisi kemudian mengangkut para mahasiswa.

Koordinator Aksi, Delfisius Pahala saat dikonfirmasi mengaku pihaknya menolak kedatangan Kapolri karena tidak serius menyelesaikan sejumlah kasus pelanggaran hak asasi manusia. Antara lain yang terbaru kasus penembakan di Sanggeng Manokwari Papua Barat serta penembakan warga sipil di Degiyai Provinsi Papua.

Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Aris Diego Kakori,S.IK yang dikonfirmasi mengaku belasan mahasiswa tersebut diangkut ke Mapolres hanya untuk dilakukan pendataan.

Sementara itu, setelah mengalami penundaan beberapa kali, Kapolri Jenderal Pol Drs Tito Karnavian dijadwalkan melakukan kunjungan kerja di Manokwari Papua Barat. Direncanakan,Kapolri didampingi istri dan sejumlah pejabat Polri tiba di Bandara Rendani Manokwari, Sabtu (12/8) sore pukul 14.00 WIT.

Sebelum ke Manokwari, Kapolri kunjungan kerja di Timika. Ikut serta dalam rombongan, Asisten SDM (Sumber Daya Manusia) Polri, Asisten Perencanaan, Kadiv Propam, Wakabaintelkam, Karo Penmas Div Humas, Karo Tekkom, Danpas Pelopor Koorbrimob, Koorspripim.

Kabid Humas Polda  Papua Barat, AKBP Hary Supriyono kepada Radar Sorong, Jumat (11/8) mengatakan, di Bandara Rendani, Kapolri akan dijemput Gubernur  Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, Kapolda, Ketua DPRPB, Kabinda, Rektor Unipa dan pejabat lainnya. Rombongan akan menginap di Aston Niu Hotel Manokwari.

Hari kedua kunjungan, Minggu (13/8), Kapolri akan meninjau Mapolda Papua Barat di Jalan Pahlawan. Selanjutnya meninjau pembangunan Mapolda di Andai yang saat ini memasuki tahap akhir. “Dari peninjauan pembangunan Mapolda, Kapolri dan rombongan akan langsung menuju bandara untuk kembali ke Jakarta,” tutur Hary. (sr/lm)


Kategori : Berita Utama

Komentar