Garuda Indonesia
 

SORONG-Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2016, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM) Migas memiliki tugas dan fungsi  melaksanakan pengembangan sumber daya manusia di bidang minyak dan gas bumi.

“Fungsi kita itu, penyiapan penyusunan kebijakan teknis. Penyusunan program, akuntabilitas kinerja dan evaluasi serta pengelolaan informasi. Penyusunan perencanaan dan standarisasi pengembangan sumber daya manusia. Pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di bidang minyak dan gas bumi,” ungkap Ketua Tim PPSDM Migas Cepu, Sudarsono, Jumat (11/8).

PPSDM Migas merupakan perusahaan milik pemerintah yang bergerak di bidang migas. Sebanyak 20 orang Putra Papua difasilitasi PPSDM untuk mengikuti pelatihan operator crane di Cepu Jawa Timur. Melalui pelatihan ini, nantinya mereka mendapatkan Sertifikasi Tenaga Teknis Khusus (STTK) yang siap bekerja sesuai bidang keahliannya.  “Nah para peserta ini nanti dilatih selama 3 minggu. Mudah-mudahan melalui kerjasama pela­ti­han ini, nanti ade-ade kita bisa kerja di bidang migas. Syaratnya pendidikan SMA dan SMK serta surat kesehatan. Di sini sudah ada peserta 20 nanti akan dilatih dan diberi praktek di kantor PPSDM Migas Cepu, Jawa Tengah,” katanya.

Kepala Disnaker Kota Sorong, Drs. Anton Sagrim mengatakan, melalui PPSDM Migas Cepu, putra Papua mendapat kesempatan. Ia bersyukur di Kota Sorong mendapat kuota 20 orang dan proses kerjanya sudah jalan, mereka diseleksi dari 26 orang dan yang terpilih 20 orang dari penilaian panitia.

“Kami dari dinas tidak intevensi, jadi semua ini murni. Kami menyampaikan terimakasih karena ini merupakan hal yang pertama di Papua khususnya di Kota Sorong. Jadi ini satu peluang yang kita syukuri, semoga kedepan berlanjut,” ujarnya. (zia)


Kategori : Berita Utama

Komentar