Garuda Indonesia
 

SAUSAPOR - Pemerintah Kabupaten Tambrauw dan WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia sepakat melakukan penandatangan MoU untuk pptimalisasi pengelolaan kawasan konservasi Taman Pesisir Jeen Womom.

Kesepakatan yang dilaksanakan di Kantor Bupati Kabupaten Tambrauw, Jumat (11/8) bertujuan untuk mewujudkan keterpaduan dan sinergi antara Pemda Tambrauw dengan WWF dalam rangka optimalisasi dan peningkatan kapasitas peran pengelola Taman Pesisir jeen Womom dan melaksanakan ketentuan yang tertuang dalam rencana pengelolaan dan zonasi Taman Pesisir Jeen Womom.

Bupati Tambrauw Gabriel Asem, SE. M. Si saat di temui menjelaskan, kerja sama ini merupakan sebuah langkah penting untuk mengelola dan melindungi kawasan Taman pesisir Jeen Womom.

"Jangan hanya memperhatikan penyu belimbing saja tetapi juga manusianya juga harus diberdayakan sedemikian rupa dengan pemahaman logis agar mereka juga terlibat melindungi dan melestarikan penyu belimbing kemudian melalui cara itu masyarakat bisa meningkatkan taraf hidupnya," terangnya.

Sementara itu, Direktur Utama Papua Program WWF Indonesia, Drs. Benja V Mambai, M.Si menjelaskan,  MoU ini merupakan kelanjutan dari komitmen Pemda Tambrauw dalam membentuk UPTD untuk mendukung upaya pengelolaan kawasan Abun sebagai kawasan Penyu Belimbing terpenting di Asia.

"Kami dari WWF bekerja dengan Pemda Tambrauw melalui MoU dan itu diharapkan akan ditindaklanjuti dengan penyusunan sejumlah program yang dilakukan di wilayah Pesisir Pantai Abun,"katanya.

Benja berharap kedepan tidak saja melihat atau melakukan upaya perlindungan terhadap habitat Penyu Belimbing tetapi juga harus menyentuh aspek-aspek kebutuhan dasar masyarakat sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir pantai.(raf)


Kategori : Lintas Papua

Komentar