Garuda Indonesia
 

SORONG-Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) akan membuka tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2017 pada bulan September mendatang. Penerimaan tahun 2017 ini, Pemda Sorsel  menerima 157 CPNS sesuai kebutuhan daerah. Rinciannya belum dipastikan, namun diprioritaskan untuk tenaga medis dan guru, serta diprioritaskan juga bagi putra-putri asli Papua.

Sekertaris Daerah Kabupaten Sorong Selatan, Dance Julian Flassy mengatakan, penerimaan CPNS merupakan kebijakan Presiden RI melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi RI bagi daerah yang tidak melaksanakan penerimaan CPNS tahun 2014, agar segera melakukan penerimaan di tahun 2017. Se-Indonesia, ada 3 provinsi yang melaksanakan penerimaan CPNS tahun 2017 yakni Papua, Papua Barat dan Kalimantan Utara.

Ditemui Radar Sorong di Belagri Hotel, Sabtu (5/8), Dance Flassy menjelaskan, ketidakikutsertaan 3 provinsi ini menerima CPNS formasi 2014 lalu, karena saat itu pemerintah daerah berkeberatan penerimaan CPNS dengan sistim Komputer Asesment Test (KAT), mengingat KAT bersifat nasional dan bebas diikuti pelamar dari luar daerah. Dalam perjalanan waktu 2014 sampai 2017, pemerintah daerah dari 3 provinsi tersebut sudah siap melaksanakan seleksi dengan pola KAT.

Khusus untuk penerimaan CPNS 2017, Kabupaten Sorong Selatan mendapatkan kuota 157 CPNS dengan formasi kebutuhan yang berbeda-beda. Penerimaan CPNS Sorsel menggunakan sistim KAT, tempat pelaksanaannya di Kota Sorong mengingat fasilitas online di Sorsel belum memadai.

Saat ini lanjut Dance Flassy, Pemda Sorsel masih menunggu penetapan SK Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, dan selanjutnya akan dilakukan seleksi terbuka CPNS yang dilaksanakan September mendatang. Diharapkan kepada peminat yang ingin mengikuti tes CPNS Sorsel, menyiapkan persyaratan lebih awal agar pada saat pelaksanaan tes, peserta sudah siap mengikutinya.

Penerimaan CPNS di Sorong Selatan sesuai dengan surat edaran Menpan, berdasarkan kuota yang ada, diputuskan 60% yang akan direkrut yakni orang asli Papua (OAP) dan 40% dari luar. Kebijakannya dikembalikan kepada Pembina Kepegawaian Daerah dalam hal ini Bupati. Kuota penerimaan CPNS menyesuaikan dengan kebutuhan daerah. Pelaksanaan tes CPNS dengan menggunakan system KAT, peserta akan dipandu langsung oleh BKN Regional XIV Menokwari. Syarat pembeda antara peserta Orang Asli Papua (OAP) dan bukan, akan dilihat pada saat penerimaan berkas awal adminstrasi.

Sementara itu, bagi honorer, ada kebijakan pemerintah pusat yang sedang dibahas dengan DPR tentang P3K (Pengangkatan Pegawai dengan Perjanjian Kerja). Jika aturan dalam bentuk Peraturan Pemerintah tersebut sudah disahkan, maka akan langsung diakomidir dengan status sama seperti pegawai negeri.  Honorer di Kabupaten Sorsel saat ini mencapai 800-an orang dari total 2.000-an pegawai Pemkab Sorsel, termasuk didalamnya tenaga medis dan guru. selaku Sekda dirinya saat ini focus untuk mengurus para honorer agar bisa diikutsertakan dalam pengangkatan P3K.  “Honorer kami tidak batasi umur, hanya yang tes CPNS umum batas usia peserta harus dibawah 35 tahun. Jika ada peserta tes yang berusia diatas 35 tahun maka akan diupayakan untuk masuk dalam golongan P3K,” kata Dance Flassy.

Dalam PP P3K yang sedang dibahas pemerintah dan DPR-RI, honorer yang diangkat akan mengikuti seleksi untuk memastikan layak dan berkompeten, serta yang bersangkutan benar-benar melaksanakan tugas sebagai tenaga honor. Jika sesorang honorer, misalkan guru honor tidak memiliki Akta Mengajar, maka menjadi tanggungjawab daerah untuk memberikannya karena honorer adalah kewajiban Negara. (dar)

Data dan Fakta Penerimaan CPNS Sorsel Formasi Tahun 2017.

  1. 1.    Syarat Umum

Warga Negara Indonesia, setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana serta tidak pernah dipecat dari PNS maupun TNI-Polri.

  1. 2.    Syarat Khusus

Pendidikan Terakhir Strata-1 dan Diploma III, berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan maksimal 35 tahun, serta syarat pendukung lainnya.

  1. 3.    Jumlah kuota CPNS Sorsel Formasi 2017 sebanyak 157 Orang

Rinciannya masih menunggu SK MenPAN dan Reformasi Birokrasi RI

  1. 4.    Kebijakan Penerimaan CPNS 2017
  • -    60 persen direkrut dari Orang Asli Papua (OAP)
  • -    40 persen sisanya bisa dari seluruh nusantara.
  1. 5.    Tes penerimaan dijadwalkan September atau Oktober 2017.

Kategori : Berita Utama

Komentar