Minggu, 26 Oktober 2014
Champions League - Group E October 22 * CSKA Moscow 2 - 2 Manchester City * Roma 1 - 7 Bayern Munich - Group F * APOEL Nicosia 0 - 1 Paris Saint Germain * Barcelona 3 - 1 Ajax - Group G * Chelsea 6 - 0 Maribor * Schalke 04 4 - 3 Sporting CP - Group H * BATE Borisov 0 - 7 Shakhtar Donetsk * FC Porto 2 - 1 Athletic Bilbao
 
   
Selasa, 19 Februari 2013 , 06:19:00

POSO - Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah tak berniat sedikitpun untuk keluar dari pemekaran Sulawesi Timur (Sultim). Bahkan daerah tertua di Sulteng ini tetap dan akan terus berjuang untuk menjadi ibukota Provinsi Sultim. Penegasan itu disampaikan Sekkab Poso Drs Sin Songgo kepada Radar Sulteng (JPNN Group), Minggu (17/2). “Poso tetap di Sultim. Luwuk tak bisa menghambat itu,” jelasnya.
Sin Songgo sendiri tak mau ambil pusing dengan pernah munculnya pernyataan seorang tokoh Luwuk yang mengatakan Poso tak masuk Sultim. “Itu pernyataan tak berdasar. Semua pasti tahu kalau Poso adalah bagian terpenting dari sejarah perjuangan Sultim. Pun Poso jauh lebih baik dan strategis dari Luwuk untuk posisi ibukota,” tandasnya. Karena Poso sebagai yang daerah terdepan dalam perjuangan Sultim sekaligus sebagai daerah tertua di wilayah Sulteng dan Sultim, maka Luwuk harus bisa menghargainya. “Hargailah sejarah dan jangan melawan (sejarah),” tandas Sekkab Poso.
Menurut Sin Songgo, Provinsi Sultim adalah harga mati buat Kabupaten Poso. Pun demikian dengan letak ibukotanya kelak harus di Poso. “Tanpa Poso Sultim sulit terwujud,” ujarnya.
Bagaimana jika ibukota Sultim kelak ditempatkan di Luwuk? “Sultim itu Poso. Karenanya saya yakin ibukota Sultim nanti di Poso. Bila ibukota di Luwuk, Poso memilih tetap di Sulteng,” tukas dia. “Tidak mungkinlah kita ke Luwuk. Mending tetap ke Palu,” tambah Sekkab.
Menurut Sekkab, urgensi dari sebuah pemekaran adalah pendekatan pelayanan. “Kalau ke Luwuk bukan pendekatan pelayanan namanya,” jelas Sin Songgo. Dirinya masih sangat optimistis bila Poso akan berhasil dalam perjuangan Sultim. Sebab perjuangan Sultim mendapat sokongan semangat  seluruh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Poso.(bud/awa/jpnn)
 
    JPNN.COM | Poso-Luwuk Berebut jadi Ibu Kota Sultim
  • Print
  • Email
  • RSS
  • Track Back
  • Facebook
  • Digg
  • Twitter
  • LintasBerita
 
Komentar Anda mengenai berita "Poso-Luwuk Berebut jadi Ibu Kota Sultim"
 
  + Other News / Category     
 
DAHLAN ISKAN
Xiao Ping Guo sebelum ke Jalan Thamrin
Ketika bangun tidur Senin pagi ini, saya sudah bukan lagi menteri. Saya juga tidak harus buru-buru b ...
Other