Kamis, 02 Oktober 2014
Champions League - Group E : * CSKA Moscow 0 - 1 Bayern Munich * Manchester City 1 - 1 Roma - Group F : * APOEL Nicosia 1 - 1 Ajax * Paris Saint Germain 3 - 2 Barcelona - Group G : * Schalke 04 1 - 1 Maribor * Sporting CP 0 - 1 Chelsea - Group H October 1 : * BATE Borisov 2 - 1 Athletic Bilbao * Shakhtar Donetsk 2 - 2 FC Porto
 
   
Selasa, 27 November 2012 , 04:46:00

BIAK-Para Bupati dan pimpinan DPRD kabupaten yang ada di wilayah Kawasan Teluk Cenderawasih menyapakati komitmen pendeklarasian Provinsi Teluk Cenderawasih atau Papua Utara. Kebulatan tekad tentang pembentukan daerah otonom baru itu merupakan salah satu poin rekomendasi dari rapat kerja (Raker) Badan Kerja Sama Antar Daerah (BKAD) dan pembentukan` Asosiasi DPRD Kabupaten Se-Kawasan Teluk Cenderawasih, di Aula Gedung Wanita Biak, Jumat (23/11). Dalam penyampaian rekomendasi hasil Raker yang disampaikan pada Jumat malam dengan tegas menyatakan bahwa deklarasi Provinsi Teluk Cenderawasih akan dilakukan di Kota Serui dalam bulan Desember 2012. Selain itu juga disekapati sejumlah kerja sama dan komunikasi dalam mempercepat pembangunan di kawasan Teluk Cenderawasih.
Kesekapatan bersama itu ditandatangani langsung oleh para Bupati dan Ketua DPRD kabupaten se-Kawasan Teluk Cenderawasih. Hasil kesepakatan bersama antara bupati terdiri dari 10 poin dan hasil keputusan dan penetapan hasil rapat pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten se-Kawasan Teluk Cenderawasih terdiri dari empat (4) poin. Keempat pimpinan kabupaten yang hadir diantaranya; Bupati Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen, S.Sos, MM, Bupati Supiori Fredrik Manufandu, SH,MM,MH, Bupati Kepulauan Yapen Toni Tesar, Bupati Waropen Drs Yesaya Buney, MM dan Wakil Bupati Kepulauan Yapen Frans Sanadi, sedangkan Bupati Memberamo Raya tidak sempat hadir.
Adapun kesepuluh hasil kesepakatan bersama Bupati dan DPRD Kabupaten Biak Numfor se-Kawasan Teluk Cenderawasih antara lain; pertama, melakukan konsultasi dengan pemerintah atasan pada tanggal 29 dan 29 November 2012 terkait dengan pembentukan BKAD Teluk Cenderawasih. Kedua, tiap daerah segera membentuk tim koordinasi kerja sama daerah yang diketuai oleh masing-masing Sekretaris Daerah untuk menyusun dan menetapkan program prioritas sesuai dengan Permendagri No 20 tahun 2009 paling lambat bulan Januari 2013. Poin ketiga, menindaklanjuti kesepakatan pertemuan Bupati se-Kawasan Teluk Cenderawasih pada tanggal 2 November 2012 di Serui tentang pembelian pesawat terbang dan kapal agar setiap kabupaten menyiapkan dana sharring sebesar Rp 2,5 miliar untuk pesawat dan Rp 2,5 miliar untuk kapal pada APBD tahun 2013. Sedangkan mekanisme pengelolaan asset tersebut perlu dilakukan kerja sama dengan pihak ketiga yang akan ditentukan secara bersama.
Keempat, agar pada bulan Desember minggu pertama tahun 2012 para bupati dan pimpinan DPRD se-Kawasan Teluk Cenderawasih melaksanakan koordinasi/konsolidasi ke Kementerian/Lembaga untuk menampaikan dan kehiatan program prioritas. Kesepakatan kelima, rapat kerja ketiga BKAD se Kawasan Teluk Cenderawasih direncanakan pada bulan Februari 2013 di Kabupate Supiori. Keenam, masing-masing daerah menetapkan dua orang staf sebagai tenaga penghubung BKAD se-Kawasan Teluk Cenderawasih. Ketujuh, melakukan seminar tentang momen peringatah Hari Pahlawan Nasional kepada Frans Kaisiepo dan Silas Papare di Kawasan Teluk Cenderawasih. Sedangkan poin kedelapan, mendorong percepatan pemekaran daerah otonomi baru kabupaten/kota di wilayah Kawasan Teluk Cenderawasih. Kesembilan, mendeklarasikan ulang daerah otonom bary Provinsi Teluk Cenderawasih sesuai aspirasi masyarakat berdasarkan surat panitia percepatan pemekaran Provinsi Papua Utara atau Teluk Cenderawasih Nomor : 118/P3-TC/VI/2007 tanggal 5 Juni tahun 2007 dan membentuk tim kerja pemakaran daerah otonom baru Provinsi Teluk Cenderawasih sebelum akhir tahun 2012. Dan poin kesepuluh sebagai poin terakhir, menyatakan bahwa masing-masing daerah menyiapkan dukungan dana untuk merencanakan pemekaran daerah otonom baru Provinsi Teluk Cenderawasih.
Sementara hasil keputusan dan penetapan hasil rapat pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten se-Kawasan Teluk Cenderawasih menetapkan empat poin. Keempat poin yang disepakati itu masing-masing; pertama, mendukung dan membentuk Asosiasi DPRD Kabupaten se-Kawasan Teluk Cenderawasih dengan keanggotaan terdiri dari DPRD Kabupaten Biak Numfor, DPRD Kabupaten Supiori, DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, DPRD Kabupaten Waropen dan DPRD Kabupaten Memberamo Raya. Kedua, menentapkan Ketua Asosiasi DPRD Kabupaten se-Kawasan Teluk Cenderawasih adalah dalam bentuk paket dengan Ketua BKAD atau sebutan lain se-kawasan Teluk Cenderawasih. Dengan demikian maka jabatan Ketua Asosiasi DPRD se-Kawasan Teluk Cenderawasih secara periodic dan untuk pertama kalinya dijabat oleh Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor Nehemia Wospakrik, SE,BSc dan wakil-wakil ketua dijabat oleh Ketua DPRD Kabupaten Supiori, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Ketua DPRD Kabupetn Waropen dan Ketua DPRD Kabupaten Memberamo Raya. "
Ketiga, Asosiasi DPRD Kabupaten Se-Kawasan Teluk Cenderawasih berkomitmen untuk mendukung kerja sama antar kabupaten di Kawasan Teluk Cenderawasih dalam rangka mempercepat proses dan pelaksanaan pembangunan di Kawasan Teluk Cenderawasih. Dan poin keempat, menyatakan mendukung proses terbentuknya daerah-daerah otonom baru dan secara khusus memberikan dukungan politik terhadap percepatan pembentukan Provinsi Teluk Cenderawasih yang akan dideklarasikan di kota perjuangan Serui. "
Seperti yang diberitakan sebelumnya, pertemuan ini dikemas dengan nama rapat kerja (Raker) Badan Kerja Sama Antar Daerah (BKAD) dan pembentukan Asosiasi DPRD Kabupaten Se-Kawasan Teluk Cenderawasih, sedangkan thema yang diangkat adalah "dengan nyawa budaya saireri, inspirasi kekompakan hati dan semangat maju bersama, kawasan Teluk Cenderawasih, segera kita wujudkan. "Ini adalah komitmen bersama antara para bupati dan pimpinan serta anggota DPRD Kabupaten dan segera ditindaklanjuti sesuai dengan amanat rekomendasi yang telah disepakati bersama pula," ujar Bupati Biak Numfor, Yusuf Melianus Maryen, S.Sos, MM diiyakan oleh masing-masing bupati lainnya kepada wartawan usai pembacaan hasil rekomendasi dan keputusan bersama.
"Menjadi tuan rumah untuk menindaklanjuti pertemuan nantinya, kami di Supiori pada dasarnya siap. Ini merupakan salah satu langkah maju untuk mempercepat pembangunan di kawasan Teluk Cenderawasih," tambah Bupati Supiori Fredrik Manufandu, SH,MM,MH kepada Cenderawasih Pos (Grup koran ini).(ito)
 
    JPNN.COM | Provinsi Teluk Cenderawasih Segera Dideklarasikan
  • Print
  • Email
  • RSS
  • Track Back
  • Facebook
  • Digg
  • Twitter
  • LintasBerita
 
Komentar Anda mengenai berita "Provinsi Teluk Cenderawasih Segera Dideklarasikan"
 
  + Other News / Category     
 
DAHLAN ISKAN
Kaliandra setelah Tumpengan di Komisi VI
PUCUK tumpeng nasi kuning dipotong oleh Pak Airlangga Hartarto, ketua Komisi VI DPR. Saya, yang mene ...
Other