Jum'at, 25 April 2014
International - Friendly March 5 - Japan 4 - 2 New Zealand - India 2 - 2 Bangladesh - Malawi 1 - 4 Zimbabwe - Burundi 1 - 1 Rwanda - Georgia 2 - 0 Liechtenstein - Iran 1 - 2 Guinea - Kosovo 0 - 0 Haiti - Russia 2 - 0 Armenia - Zambia 2 - 1 Uganda • - Azerbaijan 1 - 0 Philippines - Lithuania 1 - 1 Kazakhstan - Bulgaria 2 - 1 Belarus - Burkina Faso 1 - 1 Comoros - Mozambique 1 - 1 Angola - Albania 2 - 0 Malta - Algeria 2 - 0 Slovenia - Greece 0 - 2 South Korea - Hungary 1 - 2 Finland - Mauritania 1 - 1 Niger - Montenegro 1 - 0 Ghana - South Africa 0 - 5 Brazil - Czech Republic 2 - 2 Norway - Israel 1 - 3 Slovakia - Bosnia-Herzegovina 0 - 2 Egypt - Andorra 0 - 3 Moldova - Botswana 3 - 0 South Sudan - Colombia 1 - 1 Tunisia - Cyprus 0 - 0 N.Ireland - FYR Macedonia 2 - 1 Latvia - Senegal 1 - 1 Mali - Luxembourg 0 - 0 Cape Verde - Namibia 1 - 1 Tanzania - Turkey 2 - 1 Sweden - Morocco 1 - 1 Gabon - Romania 0 - 0 Argentina - Ukraine 2 - 0 USA - Gibraltar 0 - 2 Estonia - Austria 1 - 1 Uruguay - Switzerland 2 - 2 Croatia - Belgium 2 - 2 Ivory Coast - Germany 1 - 0 Chile - Ireland 1 - 2 Serbia - Poland 0 - 1 Scotland - Wales 3 - 1 Iceland - Australia 3 - 4 Ecuador - England 1 - 0 Denmark - France 2 - 0 Netherlands - Portugal 5 - 1 Cameroon - Spain 1 - 0 Italy - Saint Lucia 0 - 5 Jamaica • Asia - Asian Cup Qualification *Group A - Oman 3 - 1 Singapore - Jordan 2 - 1 Syria * Group B March 5 - Thailand 2 - 5 Lebanon * Group C March 5 - Iraq 3 - 1 China - Saudi Arabia 1 - 0 Indonesia * Group D March 5 - Yemen 1 - 2 Malaysia - Qatar 0 - 0 Bahrain *Group E March 5 - Uzbekistan 1 - 1 UAE - Vietnam 3 - 1 Hong Kong
 
   
Sabtu, 10 November 2012 , 03:49:00

JAYAPURA - Dengan dibukanya pendaftaran bakal calon gubernur dan wagub oleh KPU Papua mulai 8-14 November mendatang, suasana politik di Papua mulai memanas. Beberapa pasangan bakal calon gubernur dan wagub maupun parpol pengusung kembali merapatkan barisan dan mempertegas bentuk dukungan agar tak 'dicaplok' kandidat lain. Seperti yang dilakukan Koalisi Papua Penuh Damai (Pepeda) yang kembali mempertegas soal dukungan dan tak akan lari dari pasangan Drs. Menase Robert Kambu,M.Si dan Drs. Blasius Adolf Pakage (Kambu-Pakage).

Komitmen ini ditunjukkan dengan penandatanganan surat  penegasan 12 parpol seperti Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI), Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP), Partai Indonesia Sejahtera (PIS), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Republika Nusantara (RepublikaN), Partai Persatuan Daerah (PPD), Partai  Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Matahari Bangsa (PMB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut Sekretaris Koalisi Papeda, Rudy Dimara, seluruh partai yang menjadi partai pengusung telah menanamkan komitmen untuk memberi dukungan penuh pada Kambu-Pakage, mengingat dukungan ini tak diambil secara tiba-tiba melainkan melalui pertimbangan yang matang dengan melihat komitmen dan visi misi yang terukur dari pasangan Kambu-Pakage.  Karenanya dengan pernyataan tersebut, Rudy menyebut bahwa Koalisi Papeda hingga kemarin tetap solid, eksis dan utuh memberikan dukungan pada kandidat yang dianggap sangat layak untuk mendapatkan dulungan tersebut.  "Apa yang disepakati ini bukan barusan, melainkan sejak tahun 2010 kami berkoalisi untuk mendukung Kambu-Pakage sebagai gubernur dan wakil gubernur," tegas Rudy.

Dari pernyataan tersebut, Koalisi Papeda pukul 12.30 WIT langsung mengantarkan surat penegasan dukungan koalisi Kambu-Pakage ke KPU Papua yang diterima langsung oleh Ketua KPU Benny Sweny didampingi anggota KPU, Ferry Kareth,SH.M.Hum. Koalisi Papeda juga mengulas soal putusan MK, di mana dalam amar putusannya MK menyebut bahwa apa yang sudah diverifikasi DPRP adalah sah. Kalimat sah ini lanjut Rudy jika diulas soal verifikasi tentu ikut berkaitan tentang kepartaian sehingga 12 partai pengusung Kambu-Pakage dengan sendirinya dianggap sah dan lolos.  "Jadi MK telah menyebut nama pasangan yang telah diverifikasi DPRP adalah sah dan sama artinya partai pengusung juga tidak bisa pindah karena telah menjadi satu rangkaian dalam kandidat," jelasnya.   Tapi sesuai amanat MK, lanjut Rudy, KPU juga diberikan waktu untuk membuka pendaftaran sejak 8-14 November dan publik tentu tahu bahwa parpol sudah terbagi dan pihaknya memiliki tanggungjawab moril untuk tetap berkomitmen tidak menarik ke kandidat lain.

 Koalisi Papeda mengormati siapa pun anak Papua yang ingin maju mencalonkan diri asal sesuai aturan. Pihaknya mewanti jangan karena satu kepentingan semata membuat agenda akbar yang sudah lama ditunggu masyarakat akhirnya kembali molor dan terganggu. Masyarakat diminta jeli dan matang dalam melihat situasi dan perkembangan politik terakhir agar bisa memberi kontribusi yang tepat sesuai haknya.   "Tentunya kami juga tak menginginkan jika karena dukungan yang tak jelas akhirnya masyarakat di bawah yang saling gontok-gontokan. Tujuan proses ini kan untuk kepentingan masyarakat jadi tidak perlu menimbulkan gesekan satu sama lain," wanti Rudy.

Bagi Koalisi Papeda, putusan MK adalah final dan apapun yang diputuskan tinggal dilanjutkan oleh KPU. Jadi siapapun yang ingin maju asal memenuhi persyaratan tentu tak ada yang akan menahan. KPU juga diminta untuk tegas dan bijak dalam menjalankan aturan agar masing-masing partai pengusung juga tak saling curiga dan merugikan satu dengan lain.  "Di sini kami juga mempertegas bahwa jika ada pihak yang mengklaim didukung salah satu dari 12 partai yang masuk dalam Koalisi Papeda maka itu adalah illegal," beber Rudy.

Berkaitan dengan dukungan kepada kandidat lain, di mana PAN dikabarkan berpaling ke kandidat Bas Suebu, Rudy yang merupakan kader PAN mempertegas bahwa dukungan tersebut adalah ilegal. "Ini bagian kebersamaan dalam Koalisi Papeda meski ada isu menyatakan PAN mendukung Bas Suebu maka kami pertegas bahwa PAN hanya mendukung Kambu dan dukungan itu sudah diberikan sejak 2009 belum pernah berubah, sehingga jika ada yang mengklaim maka itu ilegal," tandasnya. (ade/fud)

 
    JPNN.COM | Koalisi Papeda Komit Dukung Kambu-Pakage
  • Print
  • Email
  • RSS
  • Track Back
  • Facebook
  • Digg
  • Twitter
  • LintasBerita
 
Komentar Anda mengenai berita "Koalisi Papeda Komit Dukung Kambu-Pakage"
 
  + Other News / Category     
 
Artikel Dahlan Iskan
Main-Main Nasib Ahli yang Mahal
SAYA merasa bersalah. Salah besar. Terutama kepada anak muda yang hebat ini: Ricky Elson. Dia su ...
Other